Friday, March 13, 2020

Penyakit Keluarga Coronavirus

Tadinya saya ingin membahas lanjutan dari artikel sebelumnya, namun berita akhir-akhir ini menggelitik saya untuk ikut menulis juga, namun saya sudah rangkum dalam sebuah table, data ini saya ambil dari https://www.alodokter.com/, berikut penjelasannya :

NAMA PENYAKIT
KETERANGAN
COVID – 19
SARS
MERS
Cina
Timur Tengah
Cina
Asal Negara
2019
2002
2012
Tahun Kemunculan
1 – 14 Hari
1 – 14 Hari
2 – 14 Hari
Masa Inkubasi
Demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, lemas, sakit kepala, dan nyeri otot
Gejala Ringan
Pneumonia, yaitu demam, batuk parah, kesulitan bernapas dan napas cepat
Gejala Berat

Pilek dan keluhan pencernaan, seperti buang air besar cair (menceret), mual, dan muntah
Kontak langsung dengan hewan yang terjangkit virus cara penyebaran ini disebut transmisi zoonosis
Penularan Awal
Kelelawar
Luwak
Unta Perpunuk
Hewan Penular
Batuk, Pilek

Penularan Melalui Manusia
Menghirup percikan air liur yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk. Tidak hanya itu, penularan juga dapat terjadi jika seseorang memegang benda yang telah terkontaminasi percikan air liur penderita lalu memegang hidung atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu


Belum Diketahui, namun penularan lebih cepat dari yang lainnya
10%
37%
Angka Kematian
Obat antivirus, seperti oseltamivir, lopinavir, dan ritonavir, sudah dicoba untuk diberikan kepada pasien sambil terus diteliti
lopinavirritonavir, serta obat antivirus spektrum luas terbaru bernama remdesivir sudah terbukti efektif sebagai pengobatan
Obat
Mencuci tangan, menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, serta memasak daging dan telur hingga matang sebelum dimakan. Selain itu, sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang sedang batuk dan demam
Upaya Pencegahan

Demikian penjelasan yang saya rangkum, semoga dapat menjadi wawasan untuk para pembaca semua

No comments:

Post a Comment

trims yach 4 koment nya

What Will I do next

Ini yang kurang lebih bakal gua lakuin ketika gua kembali. 1. Do a bussiness as I do before, coz I already expert on the (maybe) 😁. A. Part...