Tuesday, September 10, 2019

Berbagai Macam Gangguan Kepribadian

Setelah sekian lama saya tidak membuat artikel, saya merasa pada saat ini saya harus membuatnya, dan kali ini yang akan saya bahas adalah beberapa istilah tentang Ganguan Kepribadian.


  1. Paranoid : Ganguan mental yang selalu membuat orang curiga berlebihan dan meyakini ada orang lain yang ingin membahayakan dirinya, jika terlalu berlebihan ganguan mental bisa berakibat parah terhadap keseharian pelaku. (awas ... bisa psikopat juga locchh nantinya)
  2. Narcissistic : Perasaan yang terlalu berlebihan mencintai diri sendiri dan menjadi sosok yang egois, senang mencari perhatian dan selalu ingin dipuji sehingga tidak memperhatikan orang sekitar. (klo sering selfie termasuk ga ya???)
  3. Schizoid : Kecenderungan seseorang untuk menutup diri, suka menyepi dan mengucilkan diri. selain itu juga menjauh dari kehidupan sosial dan cenderung dingin (kaku aja gitu) serta takut berhubungan atau bersosialisasi dengan orang sekitar. (tuuhhh ... jangan kebanyakan diem di kamar ya!)
  4. Antisocial : antisocial personality disorder atau di singkat ASPD adalah gangguan kepribadian yang cenderung berbohong, melanggar hukum, bertindak implusif (melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibat) dan kurang melakukan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain. (orang yang berbohong biasanya akan menutupi kebohongan lainnya, ati ati gaes)
  5. Borderline : Penderita labil akan suasana hatinya dan selalu merasa rendah diri, tidak berharga, selalu merasa tidak aman, impulsif, hubungan sosial yang tergangu karena sering marah-marah (jangan nge gas mulu gaes)
  6. Avoidant : Mengalami kecemasan sosial yang berlebih. umumnya penderita selalu merasa takut untuk tidak diterima, takut diejek, dan terlalu khawatir terlihat tampak bodoh. (PD aja gaes)
  7. Obsessive Compulsive Disorder : singkatnya OCD diderita pada orang yang terlalu perfeksionis, sehingga dirinya melakukan tindakan secara berulang-ulang. Jika tidak merasa puas, penderita OCD akan merasa cemas atau ketakutan berlebihan. (dibikin selow aja gaes)
Nah ... buat kawan-kawan yang tahu tentang macam ganggun kepribadian lainnya silakan berkomentar di kolom, untuk merasa seperti di atas, di liat lagi gaes, sifatnya terus menerus atau hanya sesaat, kalau merasa kejadiannya terus menerus cuhat ke teman atau datang ke psikiater.
Terimakasih untuk yang sudah mampir membaca.

No comments:

Post a Comment

trims yach 4 koment nya

What Will I do next

Ini yang kurang lebih bakal gua lakuin ketika gua kembali. 1. Do a bussiness as I do before, coz I already expert on the (maybe) 😁. A. Part...