Wednesday, March 18, 2020

Judulnya tentang Corona atau Covid 19

Saat ini Negara kita tercinta mulai di kelilingi dengan bahayanya virus Covid-19 atau keluarga coronavirus, simpang siurnya tentang data penyebaran Covid-19, tentang beberapa rumah sakit yang katanya menolak dan berbagai macam lainnya menjadi bayang-bayang informasi mana yang fakta dan mana yang hoax, kita harus selalu mawas diri serta cermat dalam membaca informasi, mulailah menggali informasi dari berbagai macam sumber, dan bacalah dengan metode literasi.

Presiden Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkan segenap jajarannya dan seluruh Rakyat Indonesia untuk mengurangi interaksi langsung, menurut keterangan pers soal virus Corona Covid-19 yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pada Minggu (15/3) kemarin, Presiden Jokowi sempat menyinggung mengenai istilah social distancing atau jagak jarak sosial.


"Yang paling penting social distancing bagaimana kita menjaga jarak. Dengan kondisi itu kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah," kata Presiden Joko Widodo, Minggu (15/3/2020).

Namun jangan mensalah artikan menjadi lockdown, Dikutip dari Cambridge, lockdown diartikan sebagai sebuah situasi di mana orang tidak diperbolehkan masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan bebas karena kondisi darurat, hal tersebut sangat berbeda sekali dengan social distancing yang artinya ada Jarak Sosial, di sini kita tetap berinteraksi secara langsung, namun tetap menjaga jarak agar tidak terlalu dekat, sangat berbeda bukan?.

Selain beberapa hal tersebut, berikut adalah cara kita mencegah infeksi virus corona

  1. Mencuci tangan dengan benar
  2. Menggunakan masker
  3. Menjaga daya tahan tubuh
  4. Menjaga Jarak
  5. Menghindari hewan yang berpotensi menularkan seperti mamalia dan reptil
Selain mencuci tangan dengan benar, adanya baiknya kita mencuci pakaian dengan benar setelah kita bepergian, jangan lupa berolah raga, makan-makanan sehat bila perlu meminum jamu.

Dan ketika Social Distancing diterapkan maka hal yang akan paling mencolok adalah social media, berhati-hatilah dalam menerjemahkan sebuah berita, apalagi menyebarkan, akan sangat disayangkan bagi mereka yang membaca apa yang telah kita sebarkan sedangkan kita sendiri belum memahami maksud dari informasi tersebut.

Tetap berpfikir positif, mari bantu mencegah dengan tidak keluar rumah jika tidak diperlukan, mari lihat kembali surga kecil di rumah kita, dan yang paling penting adalah, "Jangan Lupa Bahagia"

Salam Sempak "Semangat Kompak" basmi Covid-19

No comments:

Post a Comment

trims yach 4 koment nya

What Will I do next

Ini yang kurang lebih bakal gua lakuin ketika gua kembali. 1. Do a bussiness as I do before, coz I already expert on the (maybe) 😁. A. Part...